Aneka Tambang (Persero) Tbk. (ANTAM) was formed as a state-owned company in 1968 and was publicly listed in 1997. The company is primarily owned by the government of Indonesia (65%). The company is listed on both the Jakarta and Australian stock exchanges, and is therefore subject to international standards in its operations and corporate governance.
ANTAM is involved in exploration as well as development and production of minerals, which are concentrated on nickel, gold, precious metals and bauxite across Indonesia. Operations include joint ventures with international mining companies as well as wholly independent projects. ANTAM operations are vertically integrated and cover mining, refining, smelting and marketing. ANTAM has reported a 10% increase in revenues for 2010, up from US$701mn in September 2009
A. KEBUTUHAN POSISI DAN PERSYARATAN KHUSUS
1. Tenaga Level PENGAWAS (pendidikan minimal DIPLOMA 3)
Semua Jurusan :
- Sample Preparation (D-01)
- General Affair Officer (D-02)
- Inventory Control and Warehouse Officer Umum (D-03A)
Jurusan Mesin:
- Inventory Control and Warehouse Officer Mesin (D-03B)
- Heavy Equipment Officer (D-04)
Jurusan K3:
- Safety Officer (D-05)
- ERG Officer (D-06)
Jurusan Administrasi:
- Procurement Officer (D-07)
Jurusan Keperawatan:
- Occupational Health Officer (D-08)
Jurusan Geodesi/Tambang:
- Pakal Exploration and Mine Planning (D-09)
- Buli Exploration and Mine Surveying and Planning (D-10)
Jurusan Geologi/Tambang/Kimia:
- Quality Control (D-11)
Jurusan Teknik Sipil:
- Community Development Officer (D-12)
Jurusan IT:
- Compensation and Benefit Officer (D-13)
Jurusan IT/Teknik Industri:
- HR Planning and Development Officer (D-14)
2. Tenaga Level PELAKSANA (pendidikan minimal SMA Sederajat)
SMA/SMK/STM:
- Community Development Officer (S-01)
- Community Development Administrator (S-02)
- Inventory Control Administrator (S-03)
SMK Elektronika/Listrik Arus Lemah:
- Heavy Equipment Electrical Technique (S-04)
SMK Mesin:
- Heavy Equipment Maintenance Technique (S-05)
B. PERSYARATAN UMUM :
1. Warga Negara Indonesia
2. Sehat fisik dan mental
3. Persyaratan usia per tanggal 1 Oktober 2012:
Level - Syarat Pendidikan (minimal) - Usia per 1 Oktober 2012 - Pengalaman Kerja
Pengawas DIPLOMA 3 - Maksimal 40 tahun - Minimal 1 tahun di bidang terkait
Pelaksana SMA Sederajat - Maksimal 35 tahun - Minimal 1 tahun di bidang terkait
4. Tinggi badan minimal 155 cm
5. Lebih disukai sudah berpengalaman kerja dibidangnya
6. Diutamakan pria (kebutuhan Tambang)
7. Memiliki SIM A (wajib untuk posisi General Affair Oficer)
8. Lebih disukai bertempat tinggal di wilayah operasional PT Antam (Persero), Tbk. UBP Nikel Maluku Utara
9. Bersedia ditempatkan di semua Unit Bisnis yang ada di PT Antam (Persero), Tbk
10. Memiliki Kartu Tanda Bukti Pendaftaran Pencari Kerja
C. TAHAPAN REKRUTMEN DAN SELEKSI
TAHAP KEGIATAN JADWAL KETERANGAN
Tahap 1
Pengiriman Surat Lamaran dan Seleksi Administrasi 1 – 14 Oktober 2012 Calon pelamar mengunduh Daftar Riwayat Hidup dan Surat Pernyataan
Pengumuman Peserta Lulus Tahap 1 dan berhak mengikuti tahap 2 25 Oktober 2012 Melalui Website & Poster di lokasi tes
Tahap 2
Pelaksanaan Tes Psikologis Tertulis, Pengetahuan Komputer* dan Bahasa Inggris** 3 – 4 November 2012 - Tata cara pelaksanaan akan disampaikan pada saat pengumuman hasil Tahap 1 di Website
Pengumuman Tes Tahap 2 dan berhak mengikuti tahap 3 8 November 2012 Melalui Website & Poster di lokasi tes
Tahap 3
Pelaksanaan seleksi tahap 3 yang terdiri dari:
a.Verifikasi Keaslian Dokumen
b.Wawancara Psikologis
10 – 11 November 2012 - Tata cara pelaksanaan akan disampaikan pada saat pengumuman hasil Tahap 2 di Website dan di lokasi tes
Pengumuman Tes Tahap 3 dan berhak mengikuti tahap 4 21 November 2012 Melalui Website & Poster di lokasi tes
Tahap 4
Tes Kesehatan 24 – 25 November 2012 - Lokasi Tes Kesehatan akan ditentukan kemudian
Pengumuman Tes Tahap 4 dan berhak mengikuti tahap selanjutnya 5 Desember 2012 Melalui Website & Poster di lokasi tes
*Tes Pengetahuan Komputer diberikan untuk seluruh posisi level Pengawas dan posisi S-01, S-02, S03
**Tes Bahasa Inggris diberikan untuk seluruh posisi level Pengawas
D. TEKNIS PENYAMPAIAN LAMARAN
Kesempatan ini dibuka untuk pelamar yang berdomisili di wilayah operasional PT ANTAM (Persero), Tbk. UBP Nikel Maluku Utara sesuai dengan posisi dan persyaratan yang telah ditetapkan pada Kebutuhan Posisi dan Persyaratan Khusus (Poin A)
Formulir Daftar Riwayat Hidup dapat diunduh melalui www.ppm-rekrutmen.com/antam_malut (tidak diperjualbelikan), atau di Pusat Informasi PT ANTAM (Persero), Tbk. UBP Nikel Maluku Utara
Aplikasi lamaran yang akan diproses hanya aplikasi lamaran yang menggunakan formulir yang dimaksud pada point 2
Formulir Daftar Riwayat Hidup diisi secara lengkap dengan melampirkan dokumen administrasi, yang disusun sesuai dengan urutan dibawah ini:
a. Surat Lamaran Kerja, ditujukan kepada Penyelenggara Rekrutmen & Seleksi Calon Pegawai PT ANTAM (Persero), Tbk. UPB Nikel Maluku Utara tahun 2012
b. Data Riwayat Hidup sesuai dengan format yang sudah ditetapkan dan sudah ditempel pas foto terbaru ukuran 4 x 6 (berwarna)
c. Fotokopi KTP yang masih berlaku
d. Fotokopi Kartu Keluarga yang masih berlaku
e. Fotokopi Ijazah sesuai dengan tingkat pendidikan yang dipersyaratkan dan berlegalisir asli (cap basah)
f. Fotokopi Transkrip Akademik atau Nilai Ujian Akhir Nasional (UAN) dan berlegalisir asli (cap basah) sesuai dengan tingkat pendidikan yang dipersyaratkan
g. Surat Pernyataan yang telah ditandatangani di atas meterai Rp. 6000, yang menyatakan :
- Seluruh data/dokumen yang saya berikan kepada Penyelenggara Penerimaan Calon Pegawai PT ANTAM (Persero), Tbk. adalah benar dan sah menurut hukum.
- Selama menjadi pegawai, bersedia ditempatkan di semua Unit Bisnis yang ada di PT ANTAM (Persero), Tbk.;
- Menerima penyetaraan pada pendidikan formal dalam penetapan grade, job title dan golongan sesuai dengan peraturan yang berlaku pada PT ANTAM (Persero), Tbk UBP Nikel Maluku Utara.
- Tidak sedang dalam ikatan dinas pada Instansi lain.
Formulir Surat Pernyataan dapat diunduh melalui www.ppm-rekrutmen.com/antam_malut (tidak diperjualbelikan), dan juga tersedia di Pusat Informasi PT ANTAM (Persero), Tbk. UBP Nikel Maluku Utara
h. Fotokopi SIM A yang masih berlaku (wajib untuk posisi General Affair Oficer)
i. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku dan sudah dilegalisir basah
j. Kartu Tanda Bukti Pendaftaran Pencari Kerja yang masih berlaku dan sudah dilegalisir basah
k. Asli surat keterangan sehat dari dokter yang mencantumkan keterangan:
Sehat fisik dan mental
Tinggi dan Berat badan
Tidak buta warna
Pelamar hanya diperkenankan mengirim satu kali lamaran, untuk satu pilihan posisi yang tersedia
Seluruh data yang disampaikan, akan diverifikasi dengan berkas aslinya pada tahap Wawancara Psikologis
Dalam proses ini pelamar tidak dipungut/dikenakan biaya apapun
Masa waktu pengiriman lamaran adalah tanggal 1 sampai dengan 14 Oktober 2012
Kirimkan lamaran beserta dokumen administrasi yang dipersyaratkan (cantumkan kode lamaran di sudut kiri atas amplop) ke : Penyelenggara Rekrutmen & Seleksi Calon Pegawai PT ANTAM (Persero), Tbk. UBP Nikel Maluku Utara PO BOX 2745 JAKARTA 10027
E. VERIFIKASI KEASLIAN DOKUMEN
1. Kandidat wajib membawa dan menunjukkan dokumen dibawah ini kepada Penyelenggara di lokasi tes:
a. Ijazah asli sesuai dengan syarat pendidikan
b. Transkrip Nilai asli sesuai dengan syarat pendidikan
c. KTP asli yang masih berlaku
d. Kartu Keluarga asli yang masih berlaku
e. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) asli
2. Berkas lamaran tersebut dimasukkan dalam Amplop berwarna coklat sesuai urutan tersebut di atas.
3. Tuliskan Nama, Nomor Registrasi serta Posisi Lamaran di halaman muka amplop.
4. Tuliskan Kode Posisi pada sudut kiri atas amplop.
F. KETENTUAN LAIN-LAIN :
1. Pada setiap tahap seleksi berlaku sistem gugur. Hanya kandidat terbaik dan memenuhi persyaratan yang berhak mengikuti tahap seleksi berikutnya.
2. Pengumuman hasil seleksi seluruh tahapan dapat dilihat di website www.ppm-rekrutmen.com/antam_malut, serta melalui poster di SMUN 1 Ternate dan SMUN 1 Buli pada tanggal yang telah ditetapkan.
3. Keputusan hasil seleksi bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
4. Tidak ada surat menyurat dengan Penyelenggara selama proses rekrutmen & seleksi
5. Biaya transportasi dan akomodasi dari dan ke tempat seleksi menjadi tanggung jawab peserta sepenuhnya.
6. Pelamar dihimbau untuk mengabaikan pihak-pihak yang menjanjikan dapat membantu kelulusan dalam proses seleksi ini.
7. Tidak ada pungutan biaya apapun selama proses seleksi berlangsung.