10/06/2010

KEMENTERIAN DALAM NEGERI RI; LOWONGAN KERJA CPNS 2010

KEMENTERIAN DALAM NEGERI
REPUBLIK INDONESIA

PENGUMUMAN
Nomor:800/20410/SJ
TENTANG
PENGADAAN/PENYARINGAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL
DILINGKUNGAN KEMENTERIAN DALAM NEGERI
TAHUN ANGGARAN 2010

Dalam rangka mengisi formasi Pegawai Negeri Sipil Kementerian Dalam Negeri Tahun Anggaran 2010, Kementerian Dalam Negeri memberikan kesempatan kepada Warga Negara Republik Indonesia yang berijazah Sarjana Muda (D.3), Sarjana (S.1), Pasca Sarjana (S.2) dan Kedokteran, untuk diterima sebagai Calon Pegawai negeri Sipil dilingkungan Kementerian Dalam Negeri dengan persyaratan sebagai berikut :

Kualifikasi pendidikan sesuai dengan formasi yang telah ditetapkan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi Nomor 214 Tahun 2010, tanggal 31 Agustus 2010.


NO. TINGKAT PENDIDIKAN KODE PROGRAM STUDI PROGRAM STUDI JUMLAH FORMASI
1 2 3 4 5
I PASCA SARJANA (S.2) 1 01 0001 ILMU HUKUM 3
1 02 0001 ILMU SOSIAL 1
II KEDOKTERAN 2 01 0001 KEDOKTERAN UMUM 1
2 02 0001 KEDOKTERAN GIGI 2
III SARJANA (S1) 3 01 0001 MNJ/TEK. INFORMATIKA/ SISTEM/TEK. INFORMASI 12
3 02 0001 EKONOMI AKUNTANSI 16
3 03 0001 AKUNTANSI KOMPUTER 1
3 04 0001 EKONOMI MANAJEMEN 7
3 05 0001 ADM. FISKAL 1
3 06 0001 ILMU HUKUM 17
3 07 0001 ADM. NEGARA/PUBLIK 3
3 08 0001 BAHASA/SASTRA INGGRIS 3
3 09 0001 ILMU POLITIK 2
3 10 0001 ILMU KOMUNIKASI 6
3 11 0001 HUKUM TATA NEGARA 3
3 12 0001 HUBUNGAN INTERNASIONAL 5
3 13 0001 STATISTIK 2
3 14 0001 ADM. PENDIDIKAN 1
3 15 0001 TEKNIK SIPIL 4
3 16 0001 TEKNIK ARSITEKTUR 5
3 17 0001 TEKNIK MESIN 3
3 18 0001 TEKNIK ELEKTRO 4
3 19 0001 ANTROPOLOGI 1
3 20 0001 PSIKOLOGI 4
3 21 0001 PLANOLOGI/PEREC. WILAYAH & KOTA 2
3 22 0001 TEK. PANGAN/TEK. HASIL PERTANIAN 2
3 23 0001 ILMU TANAH 1
3 24 0001 KESEHATAN MASYARAKAT 2
IV SARJANA MUDA (D3) 4 01 0001 EKONOMI AKUNTANSI 5
4 02 0001 EKONOMI MANAJEMEN 3
4 03 0001 TELEKOMUNIKASI 1
4 04 0001 TEKNIK LISTRIK 2
4 05 0001 KEPERAWATAN 1
4 06 0001 PERHOTELAN/MNJ. PERHOTELAN 1
4 07 0001 MNJ. INFORMATIKA/TEK. KOMPUTER 3
PERSYARATAN UMUM DAN KHUSUS

1. Persyaratan Umum

1. Warga Negara Indonesia;
2. Berusia minimal 18 tahun, pertanggal 1 Desember 2010
3. Tidak pernah di hukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan;
4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
5. Tidak sedang dalam status belajar;
6. Tidak akan menuntut penyesuaian ijazah apabila memiliki ijazah yang lebih tinggi di luar formasi yang dibutuhkan;
7. Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS, Calon/Anggota TNI dan POLRI;
8. Tidak berkedudukan sebagai pengurus/anggota partai politik;
9. Mempunyai pendidikan, kecakapan, keahlian dan ketrampilan yang diperlukan;
10. Berkelakuan baik;
11. Sehat jasmani dan rohani;
12. Bersedia ditempatkan pada unit – unit kerja dilingkungan Kementerian Dalam Negeri, dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.

2. Persyaratan Khusus

1. Lulusan Perguruan Tinggi Negeri/Perguruan Tinggi Swasta terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (mininal B) atau Perguruan Tinggi Luar Negeri yang telah mendapat pengesahan dari Kementerian Pendidikan Nasional, dengan persyaratan, pelamar harus memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) :
- Pendidikan D3 Perguruan Tinggi Negeri/Swasta terakreditasi, IPK minimal 3,00
- Pendidikan S1 Perguruan Tinggi Negeri/Swasta terakreditasi, IPK minimal 3,00
- Pendidikan S2/Kedokteran Perguruan Tinggi Negeri/Swasta terakreditasi, IPK minimal 3,30

2. Usia per tanggal 1 Desember 2010 :
- Pelamar dengan pendidikan D3 paling tinggi 28 tahun
- Pelamar dengan pendidikan S1 paling tinggi 30 tahun
- Pelamar dengan pendidikan S2/Kedokteran paling tinggi 30 tahun

TATA CARA PENDAFTARAN

1. Pendaftaran dilaksanakan secara on-line melalui Portal Kementerian Dalam Negeri www.depdagri.go.id mulai tanggal 01 Oktober 2010 sampai dengan tanggal 04 Oktober 2010;
2. Pelamar yang telah melakukan pendaftaran secara on-line dapat mengunduh (download) sebagai tanda bukti pendaftaran berupa Formulir Lamaran On-line, Surat Pernyataan, Daftar Riwayat Hidup.
3. Pelamar Wajib :
. Setelah mengisi Formulir lamaran penerimaan CPNS on-line membubuhi pas photo berwarna terbaru ukuran 3×4 cm, dan menandatanganinya;
. Membubuhi materai Rp.6.000,- dan menandatangani Daftar Riwayat Hidup dan Surat Pernyataan on-line.
4. Pelamar wajib mengirimkan Berkas Formulir Pendaftaran dengan stofmap berwarna :
- Merah : Pasca Sarjana (S2), dan Kedokteran
- Kuning : Sarjana (S1)
- Biru : Sarjana Muda (D3)
beserta lampirannya dengan urutan dari atas, sebagai berikut :
a. Formulir Lamaran yang telah diisi kemudian diunduh /download,- dan ditandatangani;
b. Formulir Daftar Riwayat Hidup, diisi dan diunduh/download di bubuhi materai Rp.6000,- selanjutnya ditandatangani;
c. Formulir Surat Pernyataan tidak sedang dalam status belajar dan atau tidak akan menuntut penyesuaian ijazah apabila memiliki ijazah yang lebih tinggi di luar formasi yang dibutuhkan, diisi dan diunduh/download dibubuhi materai Rp. 6000,- serta ditandatangani;
d. Fotocopy Ijazah terakhir yang telah dilegalisir ( cap, tanda tangan asli oleh Dekan, Direktur atau Ditjen Dikti Kemdiknas bagi lulusan perguruan tinggi luar negeri);
e. Fotocopy Transkrip Nilai / IPK yang telah dilegalisir;
f. Fotocopy Akreditasi Perguruan Tinggi Negeri/Swasta (bagi Ijazah yang tidak ada keterangan BAN);
g. Fotocopy Akte Kelahiran;
h. Fotocopy KTP yang masih berlaku;
i. Fotocopy SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) yang masih berlaku (legalisir);
j. Pas Photo 3X4 Berwarna (3 lembar)

Formulir lamaran pendaftaran peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun Anggaran 2010 Online ditempel/direkatkan pada cover stofmap tersebut

5. Stofmap yang telah ditempel/direkatkan formulir pendaftaran Online tersebut dan melampirkan Dokumen Dokumen sesuai persyaratan yang telah ditentukan, kemudian dimasukkan dalam amplop coklat ukuran folio dan dikirim melalui Kantor Pos yang ditujukan, kepada :

Ketua Panitia Pengadaan/Penyaringan
Calon Pegawai Negeri Sipil Pusat di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri
Tahun Anggaran 2010

Melalui P.O. BOX 2986 Jakarta 10029. Berkas lamaran diterima Panitia Pengadaan/Penyaringan CPNS Pusat Kementerian Dalam Negeri Tanggal 01 Oktober 2010 sampai dengan Tanggal 09 Oktober 2010 (cap pos). Berkas lamaran yang diterima panitia menjadi milik panitia dan tidak dapat diminta kembali oleh pelamar.

6. Pada pojok kiri atas amplop sesuai dengan contoh amplop yang terdapat didalam web Pendaftaran On-line.
7. Pelamar dapat melihat pengumuman yang dinyatakan lulus seleksi administrasi pada tanggal 18 Oktober s.d 24 Oktober 2010 melalui portal Kementerian Dalam Negeri www.depdagri.go.id
8. Informasi lebih lanjut mengenai Pengadaan/Penyaringan Calon Pegawai Negeri Sipil ini dapat dilihat melalui portal Kementerian Dalam Negeri www.depdagri.go.id.

LAIN-LAIN

Dalam proses pendaftaran, Penyaringan/Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri Tahun Anggaran 2010 berlaku ketentuan sebagai berikut :

1. Dalam rangka pengadaan/penyaringan Calon Pegawai Negeri Sipil ini Panitia Pusat, panitia tidak mengadakan bimbingan tes atau persiapan pendahuluan, tidak mengadakan surat menyurat dan tidak memungut biaya apapun selama proses seleksi/tes.
2. Biaya transportasi dan akomodasi selama mengikuti tes/ujian ditanggung pelamar.
3. Setiap pelamar dapat melihat Pengumuman hasil tes/ujian dan informasi lain yang berkaitan dengan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Dalam Negeri secara on-line melalui portal Kementerian Dalam Negeri (TIDAK DIUMUMKAN DI SURAT KABAR).
4. Keputusan Panitia bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
5. Kelulusan pelamar pada tes/penyaringan yang dilaksanakan Kementerian Dalam Negeri ditentukan oleh kemampuan dan kompetensi pelamar/peserta tes ujian penyaringan. Apabila ada pihak/oknum yang menawarkan jasa dengan menjanjikan untuk dapat diterima menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Dalam Negeri dengan meminta imbalan tertentu, maka perbuatan tersebut adalah penipuan. Panitia tidak bertanggung jawab atas perbuatan pihak/oknum tersebut.
6. Lamaran yang disampaikan sebelum pengumuman ini dibuat dinyatakan tidak berlaku.
7. Panitia tidak melayani komunikasi langsung dengan pelamar yang berkaitan dengan proses rekruitmen/lamaran
8. Apabila pelamar memberikan keterangan/data yang tidak benar, dan di kemudian hari diketahui, baik pada setiap seleksi administrasi, tes/ujian, maupun setelah diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil/Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Dalam Negeri, maka Kementerian Dalam Negeri berhak membatalkan kelulusan tersebut dan/atau memberhentikan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil/Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan menuntut ganti rugi atas kerugian negara yang terjadi akibat keterangan yang tidak benar tersebut serta melaporkan sebagai tindak pidana ke Pengadilan Negeri, karena telah memberikan keterangan palsu.
9. Panitia membuka jalur pelayanan pengaduan/permasalahan tentang penerimaan CPNS tahun 2010 di lingkungan Kementerian Dalam Negeri bagi para pelamar melalui email Biro Kepegawaian : biro_kepegawaian@depdagri.go.id

Jakarta, 30 September 2010

an. SEKRETARIS JENDERAL
KEPALA BIRO KEPEGAWAIAN
SELAKU
KETUA PANITIA
PENYARINGAN/PENERIMAAN
CPNSP KEMENTERIAN DALAM NEGERI
TA. 2010

KISWANTO, SH

Bagi yang berminat, silakan :

* Download Pengumuman CPNS Kemdagri
http://www.ziddu.com/download/11900589/pengumumancpnskemdagri2010.doc.html
* Download Formasi CPNS Kemdagri
http://www.ziddu.com/download/11900588/Formasicpnskemdagri2010.doc.html
* Contoh Amplop CPNS Kemdagri
http://www.ziddu.com/download/11900590/amplop.jpg.html

PT Astra International Tbk; 8 LOWONGAN KERJA OKTOBER 2010

PT Astra International Tbk was established in 1957 as a trading company. Over the course of its development, Astra has formed a number of strategic alliances with leading global players. Since 1990, the Company has been listed on the Indonesia Stock Exchange, with a market capitalization as of 31 December 2008 of Rp 42.7 trillion

PT Astra International Tbk is a large and solid Company with wide business interest in automotive, financial services, heavy equipment, agribusiness, information technology, and infrastructure sectors. We are currently seeking for professional candidates with strong analytical ability, high sense of achievement, ability to work under pressure, and fluency in English (both oral and written) to join Astra's winning team.

Recruitment JKT - MT Human Resources (MT.HR - A08)

Responsibilities

* As a Human Resources Officer you will be responsible in the area of people evaluation, recruitment, people development and HR system to optimize the organization's effectiveness Otherwise, you have an opportunity to involve in labour management
* You must have an excellent interpersonal skill, passion to interacting with people and develop them

Requirements

* Bachelor Degree from Any Major.
* Actively involved in organizational experiences.
* Having 1 or 2 years work experiences will be an advantage.
* Only selected candidates will be notified by SMS for futher info.

Recruitment JKT - MT After Sales (MT AS - A08)

Responsibilities

* Realizing the importance of after sales services, we need enthusiastic engineers with customer orientation to improve and develop our workshop performance. You will be responsible for supporting and developing our workshop business system.

Requirements

* Bachelor Degree in Mechanical, Industrial or Electrical Engineering.
* Ready for a placement throughout Indonesia.
* Only selected candidates will be notified by SMS for futher info.

Recruitment JKT - MT. Finance (MT.FA - A08)

Responsibilities

* Your main responsibility is to handle finance & administration operations, manage personnel and general affair issues and play a supportive function as a partner for sales, service and parts head in our branches. You will monitor and control the whole finance and administration process.

Requirements

* S1 degree from Accounting / Finance / Administration, fresh graduates are welcome.
* Willing to be assigned throughout Indonesia.
* Only selected candidates will be notified by SMS for futher info.

Recruitment JKT - MT Marketing (MT.MKT - A08)

Responsibilities

* As a key player in automotive industry, we need dynamic and outstanding individuals to lead the team in achieving optimum performance in marketing field. You will be prepared and trained to be our Sales Supervisor, your career to be our future Branch Manager.

Requirements

* S1 degree from Any Major.
* High interest in Marketing and ready for a placement throughout Indonesia.
* Actively involved in organizational experiences.
* Having good communication and interpersonal skill.
* Only selected candidates will be notified by SMS for futher info.

Recruitment JKT - EHS & SR Associate (ESR - A08)

Responsibilities

* Realizing the importance to survive in the business competition and to meet the worldwide demands, we need enthusiastic engineers to monitor and developed ASTRA Group's performance in the field of Environment, Health, Safety and Corporate Social Responsibility (EHS & SR).

Requirements

* Bachelor Degree from Public Health, Mechanical, or Chemical Engineering.
* Highly interest working in Environment, Health, Safety & Social Responsibility (EHS & SR) field.
* Having sharp analytical skill, dynamic personality, and excellent team player.
* Having good interpersonal and communication skill.
* Only selected candidates will be notified by SMS for futher info.

Recruitment JKT - MT Part Sales (MT.PS - A08)

Responsibilities

* In automotive industry, we need dynamic and outstanding individuals with marketing interest to lead the team in achieving optimum performance of our automotive parts distributiion. You will be prepared and trained to be our Part Sales Head.

Requirements

* Bachelor Degree from Engineering or Economy. Ready for placement throughout Indonesia.
* Only selected candidates will be notified by SMS for futher info.

Recruitment JKT - Faculty Member (FAM - A08)

Responsibilities

* Perform need analysis, program design and development, teaching and program evaluation
* Monitor and provide guidelines for the implementation of InnovAstra program throughout Astra Group, and to ensure the improvement and innovation program run well
* Bring the latest development or best practices in knowledge management, organization development and system management
* Ensure the module meets the business needs and requirements
* Convert the new knowledge into organizational competencies

Requirements

* Bachelor or Master Degree in Psychology, Business Management or Industrial Engineering.
* At least 3 year(s) of working experience in the related field is required for this position, preferable in Training and Development.
* Have strong passion in People Development.
* Required skill(s) Technical competencies (instructional design, consultation skills, presentation skills, IT literate and fluent in English), Non technical competencies (conceptual and systematic thinking, business acumen, interpersonal and communication skill, learning ability/fast learner).
* Only selected candidates will be notified by SMS for futher info.

Recruitment JKT - Audit Staff (AUD - A08)

Responsibilities

* As an Audit Staff, you will be responsible to make audit financial report, cash flow management, taxation, business process, systems and procedures. Also ensure that all business process are conducted according to Astra's standard.

Requirements

* Bachelor or Master Degree from Accountancy/ Management.
* At least 2 year(s) of working experience in the related field is required for this position, but fresh graduates are encouraged to apply.
* Have conceptual and systematic thinking and fast learner.
* Have interpersonal & communication skill.
* Only selected candidates will be notified by SMS for futher info.

If you are interested, please send your complete CV with your latest picture and previous & current job description in English before October 12th, 2010 to following address recruitment@tso.astra.co.id Subject at your email with position code.